Selamat malam sedulur ๐, kali ini kum3n.com akan menulis catatan tentang warna kabel kiprok pada semua merk sepeda motor, tentunya anda sudah tahu kan kalau onderdil motor ini sangat erat kaitan nya dengan sistem kelistrikan sepeda motor, sparepart ini sangat penting untuk menjaga kestabilan tegangan arus liatrik yang sangat besar dari hasil kerja kumparan spul speda motor.
Kiprok atau bisa di sebut juga regulator ini memiliki ukuran relatif kecil, munkin ukuran kiprok sepeda motor yang paling besar kurang lebih sama dengan bungkus rokok, namun part ini mempunyai peranan penting, dan jika terjadi kerusakan pada kiprok bisa mengakibatkan sistem kelistrikan sepeda motor anda bermasalah cukup serius.
Seperti yang sudah kita tulis sebelumnya, fungsi kiprok yang pertama adalah sebagai komponen penyetabil arus liatrik dari sepul yang menuju ke aki motor. Tegangan arus listrik yang masuk pada aki motor sudah di sesuaikan menurut kapasitas volt dan ampere yang terdapat pada sepeda motor. Pada umumnya sistem kelistrikan yang ada di indonesia adalah 6volt dan 12 volt.
Selanjutnya fungsi kiprok yang kedua ialah sebagai pengubah arus listrik AC (alternating current) dari spul sepeda motor menjadi arus DC (direct current). Arus DC ini yang kemudian di simpan oleh aki motor dan kemudian di sebar untuk kebutuhan sistem beban seperti, klakson, lampu sein, elektrik stater, lampu utama, dan lampu kontrol spedometer motor.
Soket dan warna kabel sepeda motor umumnya tidaklah sama, baik itu soket kiprok motor honda, soket kiprok motor yamaha, soket kiprok motor suzuki dan soket kiprok motor kawasaki, namun sistem kerjanya bisa di bilang sama, dan jika anda jeli dan teliti anda juga bisa mengkanibal kiprok dari kiprok motor lain yang beda merk. Misalnya kiprok motor honda di pasang pada motor yamaha atau sebaliknya.
Sebagai panduan anda jika hendak mengkanibal kiprok dari motor yang beda merk. Berikut ini susunan warna kabel kiprok dan fungsinya untuk semua motor untuk menghindari salah sambung yang berakibat fatal.
Kiprok atau bisa di sebut juga regulator ini memiliki ukuran relatif kecil, munkin ukuran kiprok sepeda motor yang paling besar kurang lebih sama dengan bungkus rokok, namun part ini mempunyai peranan penting, dan jika terjadi kerusakan pada kiprok bisa mengakibatkan sistem kelistrikan sepeda motor anda bermasalah cukup serius.
Seperti yang sudah kita tulis sebelumnya, fungsi kiprok yang pertama adalah sebagai komponen penyetabil arus liatrik dari sepul yang menuju ke aki motor. Tegangan arus listrik yang masuk pada aki motor sudah di sesuaikan menurut kapasitas volt dan ampere yang terdapat pada sepeda motor. Pada umumnya sistem kelistrikan yang ada di indonesia adalah 6volt dan 12 volt.
Selanjutnya fungsi kiprok yang kedua ialah sebagai pengubah arus listrik AC (alternating current) dari spul sepeda motor menjadi arus DC (direct current). Arus DC ini yang kemudian di simpan oleh aki motor dan kemudian di sebar untuk kebutuhan sistem beban seperti, klakson, lampu sein, elektrik stater, lampu utama, dan lampu kontrol spedometer motor.
Baca juga:Prosedur Cara pengecekan kebocoran arus dan sistem pengisian pada motor
Soket dan warna kabel sepeda motor umumnya tidaklah sama, baik itu soket kiprok motor honda, soket kiprok motor yamaha, soket kiprok motor suzuki dan soket kiprok motor kawasaki, namun sistem kerjanya bisa di bilang sama, dan jika anda jeli dan teliti anda juga bisa mengkanibal kiprok dari kiprok motor lain yang beda merk. Misalnya kiprok motor honda di pasang pada motor yamaha atau sebaliknya.
Sebagai panduan anda jika hendak mengkanibal kiprok dari motor yang beda merk. Berikut ini susunan warna kabel kiprok dan fungsinya untuk semua motor untuk menghindari salah sambung yang berakibat fatal.
Satu lagi untuk motor yang satu merk tapi beda jenis, misal nya untuk motor honda grand, mega pro, anda. Bisa berpatokan pada fungsi warna nya. Contoh di honda grand dan mega pro kabel warna kuning memiliki fungsi yang sama yaitu penerangan/lampu. Karena di motor era karburator semua warna kabel memiliki fungsi yang sama dalam satu merk. Saya beri contoh lagi agar tidak bingung. Di motor yamaha jupiter kabel hitam sebagai massa, dan di yamaha mio juga kabel hitam memiliki fungsi sebagai kabel massa. Bagaimana bisa di pahami kan lur.?
Ini lah warna kabel soket kiprok dan fungsinya:
Honda.
Yamaha.
Suzuki.
Kawasaki.
Itulah ulasan artikel dan tabel tentang kiprok dan warna kanel kiprok untuk semua motor, semoga bermanfaat. Terimakasih.
Ini lah warna kabel soket kiprok dan fungsinya:
Honda.
Warna kabel kiprok | Fungsi |
---|---|
Kuning | Lampu |
Putih | Pengisian |
Merah | Battery 12volt (+) |
Hijau | Massa (-) |
Warna kabel kiprok Mega pro.
Menaikkan voltase Win dengan memakai kiprok grand.
Yamaha.
Warna kabel kiprok | Fungsi |
---|---|
Kuning | Lampu |
Putih | Pengisian |
Merah | Battery 12volt (+) |
Hitam | Massa (-) |
Suzuki.
Warna kabel kiprok | Fungsi |
---|---|
Putih/merah W/R | Pengisian |
Kuning/putih Y/W | Lampu |
Merah R | Battery 12volt (+) |
Hitam/putih B/W | Massa (-) |
Kawasaki.
Warna kabel kiprok | Fungsi |
---|---|
Hitam/Kuning | Groud (massa) |
Biru/Putih | Pengisian |
Kuning | Lampu |
Putih/Hitam | Battery 12V |
Artikel lain:
Mengetahui warna warna kabel di motor dan fungsinya
Itulah ulasan artikel dan tabel tentang kiprok dan warna kanel kiprok untuk semua motor, semoga bermanfaat. Terimakasih.
mohon pencerahannya
1. Kiri atas aki +
2. Tengah kabel dari kontak.
3. Massa
Pin 2 yang bawah.
1. Kiri bawah pengisian.
2. Kanan bawah pengisian.
Sekarang kita tanam ke mio.
Untuk pin 3 yang atas.
1. Kiri atas carikan kabel merah aki.
2. Tengah kabel coklat dari kontak.
3. Hitam massa dari aki.
Pin 2 yang bawah.
1.kiri bawah kabel putih spul.
2.kanan bawah massa dr spul/hitam.
Jadi kabel penerangan/kuning kita putus dan amankan dengan solasi.
Saya sarankan aki lepas dahulu saat pemasangan.
artikel nya ga tau bener apa kaga
motor honda beat karbu 2008
Apakah kabel melepuh atau gimana?
Model Jack(slot) Yamaha dan Honda sma apa gk..
ada yg bilang jadi 1 sama ECM / ECU nya.
Vario sy sering putus lampu utama nya terutama pas RPM mesin tinggi. perkiraan sy sih kiprok nya masalah, petimbangan kedua, relay start comp nya.
menurut agan gmana?
Gini aja mas, coba motor di hidupkan trus akinya lepas, motor mati apa tidak, selain dengan cara itu coba di cek volt pengisian nya melebihi batas apa tidak.
maaf sebelumnya, sy agak awam dalam dunia otomotif.
'coba motor di hidupkan trus akinya lepas' itu maksudnya, motor dinyalain mesin nya, trus dalam kondisi tsb, aki nya dilepas? kabel negatif dulu atau positif dulu mas yg dicabut?
mohon maaf, sy bener2 awam.
Tidak apa-apa mas santai saja.
trus apa lagi yg mesti dicek?
Mase ada avometer?
oiya, info aja. tadi pas negatif aki nya dicabut, lampu utama agak kedap kedip gitu. kaya tegangan gak stabil.
klo ud dirumah dan ada avometer, apa yg mesti sy cek mas? dan bagaimana ngcek nya?
thx.
Gimana jelasin nya ya, haha, gini mase lepas cover segitiga plat no nya, trus lepas soket lampu depan nya, hubungkan avo posisi DC skala 50 ke kabel putih dan massa (saklar lampu posisi jarak dekat), nah lihat volt pada avo saat di gas naik trus apa tidak, seharusnya naik tapi dia turun lagi, jika naik trus berarti voltase tidak di batasi oleh kiprok.
"ke kabel putih dan massa" ini maksudnya ke kabel yg dimana mas?
"https://www.kum3n.com/2017/12/memeriksa-kebocoran-arus-dan-pengisian.html"
Begitu juga bisa, itu untuk cek pengisian, nah klo ini kita cek arus ke penerangan, arahkan satu kabel multi ke kabel putih di soket ini, dan untuk massa nya bisa di tempelkan ke body atau negatif (-) aki.
"jika naik trus berarti voltase tidak di batasi oleh kiprok. " ini berarti kiprok nya rusak ya mas? atau gmana?
Tapi yg sering saya temui di motor injeksi karena lampu di motor sekarang hidup trus, jadinya panas dan cepat putus, cara akali biar awet di kasih saklar lampu tambahan, atau bisa juga selang seling penggunaan jarak dekat/jauh, misal waktu malam pake lampu jarak dekat, dan siang pake pake lampu jarak pendek.
https://drive.google.com/file/d/1yx-YB1G_X9H3vol-WPErxzEEgUJ4Gjul/view?usp=drivesdk
pas di gas kenceng pun, goyang sebentar jarumnya, tapi tetep balik kesitu.
"https://www.kum3n.com/2017/12/memeriksa-kebocoran-arus-dan-pengisian.html"
kok ada perbedaan antara gambar dgn penjelasan nya.
"hubungkan Probe merah positif (+) AVO meter pada kabel negatif battery (-), sedangkan probe hitam negatif (-) AVO meter pada terminal positif battery (+)."
sedangkan digambar probe hitam avo malah ke negatif batre.
yg bener yg mana nih mas?
trus penggunaan bohlam 18w (dibawah standar) itu seharusnya malah bagus ya, mengurangi beban kelistrikan. itu klo menurut sy pribadi sih :D.
apalagi sy udah ada 5x ganti 1 set bohlam lampu utama yg asli ahm.
aki yg aus, bisa pengaruh gak mas? karna sblumnya motor klo di starter sekali sempat ngblank spidometernya, dan ga mau nyala mesin.
distarter kedua kali baru nyala.
nah dr kejadian itu akinya skarang ud sy ganti. baru aja 4 hari yg lalu.
apa iya, aki tsb berpengaruhi sm lampu yg sering putus?
trus gimana bisa aki itu aus? bukan nya ada pengisi aki (kiprok).
bgitu yg jd analisa sy mas.
analisa dr orang awam otomotif dan kelistrikan :D
Aki hanya menyetabilkan arus, yg mempengaruhi spull dan kiprok,
Jika pengisian normal, Aki rusak karena memang komponen nya rusak.
https://www.kum3n.com/2018/05/Jalur-pengapian-pengisian-king.html
Kesimpulan nya:
Bengkel yang menyarankan tidak salah, jadi aman nya pasang aki saja. Jika motor mase masih bisa hidup walau ndut2 an, bisa di katakan kiprok masih berfungsi.
Kalau memang kiprok rusak aki akan drop dengan penggunaan motor selama sehari dua hari. Kalau kurang yakin suruh bengkelnya untuk cek kiprok nya sekalian mas. ๐
Skli lagi mksh bnyak ... ilmu mas sangat brmanfaat ... bagi orang lain smoga panjang umur dan bnyak rizki mas
Aamiin aamiin, suwun doanya.
Motor nya apa?
Pengapian bisa, service blum beres bisa.
Dari spul ke kiprok baru aki.
Kalau cuma ganti kiprok kan tinggal pasang saja, kecuali kabel-kabel di motor anda sudah di rubah.
yang ada api kabel warna apa?
Motor nya mogok?
pengen jadi 12v..
yg mesti diganti apa aja sama pake punyanya sapa��?
nah terus cara pemasangannya juga gmn mas.. kiprok bawaan win kan cma 3soket tuh..
yah pokoknya minta tolong dijelasin deh mas..
tar yg ga ngerti saya ngacung lagi ��
Tolong dbantu ya massss
Coba kasih tau saya warna kabel yg berada di spul mas. Nanti saya bantu.
Kabel dari spul lampu kuning ama putih kan mas ya?
merah yg nyambung ke aki, putih lsg dari spul lampu, ijo massa, kuning dari spul ama ke headlamp..
pertanyaannya urutannya pada pin soketnya gmn yg benar? Soalnya yg skg saya pasang itu lampu dpnnya nyala tdk terang seolah2 msh mengandalkan sepul bkn dari aki, terang hanya klo lg di gas. Mohon dbantu mas ku...
Kabel yg saya maksud kunci kontak warna hijau.merah.hitam-putih.hitam.
Itu gimana ya .kunci kontak on montor gak mau hidup dan sebaliknya .?
Sama pin dobel stater dri dasbor ada dua kabel kuning-merah.hijau itu gimana ya nyambungnya ?
Hijau = massa.
Merah = arus dari aki.
Hitam/putih = kabel dari CDI.
Hitam = arus ke semua beban setelah kontak di putar on.
Kuning/merah dan hijau dari switch stater,
Kuning/merah menuju relay staternya. Sebenarnya sama dengan yang saya bahas di sini
https://www.kum3n.com/2018/05/diagram-jalur-sistem-double-stater.html?m=1
Ada satu lagi mas .
Ketika kontak on kiprok memanas .ketika mesin belum nyala . Waktu nyala suhu panas melonjak sampek soket pin regulator lepas dari regulator... ?solusinya mas . ๐✌ . Udah habis 2 regulator sama CDI . ?๐๐๐KONSLET
Soket kiprok supra seperti gambar ini
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhRU62bbx0CQxtFdvZxa2S6pCWaWSznkloxtVzU3175gtLB8ssG-EvS5WfbQeH-XNOK98rYOdyJsCrPLEBc8MA_MTGuUXFVw4Lcdn8fhQJ28VNaf_ENHVIgu7MglUvpHQpECQK5Hd7GrYQR/s1600/jalur+kiprok+kawasaki+kaze.png
Sedangkan beat soket nya sama dengan vario.
Jadi beda ya konslet.
Aamiin
Mau saya bikin fulwave. Gimana ya
https://www.kum3n.com/2018/07/rubah-kelistrikan-menjadi-fullwave.html
Motor saya satria fu tahun 2012
Sedang jika menggunakan kiprok ori nya lampu lebih terang di sebabkan kiprok orinya memberi arus yg berlebihan, artinya kiprok tersebut rusak.
di situ hanya ada 4 pin di soket nya, ganti saja denga kiprok vario atau jupiter karena samA-sama 4 pin.
Asal kabel pengisian dan penerangan nya tidak kebalik pasti aman.
Coba anda samakan dulu warna kabel nya dengan gambar soket vario di atas. Soalnya saya agak lupa posisi warna kabel di soket kiprok supra 125, yang saya ingat di situ cuma ada 4 pin.
Jika posisinya sama langsung pasang juga aman, tapi jika posisi warna nya berbeda dengan vario anda harus pindah kabel.
1.apakah setelah terpasang pengapian jadi DC atau tetep Ac
2.bagiamana kwalitas kiprok merk tersebut di atas
Terimakasih atas masukanya Wassalam
1. Pengapian tidak berubah. Tetap DC.
2. Di sini mualitas KW yang agak agak terpercaya merek fukuyama. Jadi saya tidak tau untuk merk itu.
putih = pengisian
Kuning = penerangan.
Hijau = massa
Merah = 12v aki.
Nah di sana ada warna apa saja?
Yg saya bingungkan itu kabel warna kuning garis merah bang
Konon ituu menuju ecm
Nanti saya buatkan jalur nya. Tapi tidak dalam waktu dekat ini.
Jika saya pakai kiprok soket 4, apa jalur keempat soket dipakai semua?
Kalo kiprok ninja r yg model soket tumpuk seperti di gambar bisa subtitusi dengan apa ya?
Sudah saya coba pake punya jupiter, lampu bisa nyala..tapi sepertinya tidak bisa ngecas ke aki
Mohon arahannya mas
Terima kasih sebelumnya
Kemaren saya ganti kepunyaan jupiter bisa, intinya anda harus tahu fungsi dari warna kabel motor itu, harus mindah kabel jika di perlukan.
Utuh tidak?
Kalau masih utuh ya tinggal pinndah warna kabel nya. Samakan dengan gambar soket kiprok vario di atas.
Sebelumnya Terimakasih Atas Pencerahannya Ya Om
Klo sudah pasti bener, bisa jadi arus penerangan dari spul terlalu besar.
"Bl/R" dari sekring kluar "Bl" menuju sistem beban.
"Bl/W" dari relay utama kluar kontak "R/W" menuju ECM.
Belum pernah coba lampu 90v
Spacy injek apa karbu?
Klo posisi kiprok kerja memang agak panas. Asal kabel yakin bener sih aman saja.
Oiya kalo gak ada akinya tolong di kasih, agar arus tersalurkan.
Gimana solusinya? Ini aki nya gak mau ngisi?
Oya Jangan anggap saya sbg guru.
Bagaimana cara merakit kabel bodi rx king sederhana tanpa harus pake kabel bodi lengkap..
Masalahnya motornya udah gk ada kabel bodinya bang.
https://www.kum3n.com/2018/05/Jalur-pengapian-pengisian-king.html
Supra lama? Beda...
Saya mau tanya tentang arus pengisian dari sepul mas
Apakah beda tegangan antara arus pengisian sama arus lampu dari sepul,soalnya saya mau membedakan bingung kabel dari spull sama semua,
#Kabel putih untuk pengisian
#kabel kuning sbagai penerangan
Dari 2 kabel di atas itu apakah beda tegangan antara pengisian sama penerangan.
Mohon bantuanya mas
Arusnya besar pengisian.
Terima kasih
Jelas akinya kalau begitu.
Sebenarnya mudah kalau tau arti jalur pada warna kabel nya, kalau pin pada kiprok beda, tnggal pindah kabel nya saja.