Kamis, 26 September 2019

PROPOSAL

PROPOSAL PROYEK
SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN KEGIATANKOPERASI SIMPAN PINJAM PEGAWAI BMKG
I. Latar Belakang Masalah
Perkembangan teknologi informasi pada saat ini khususnya teknologi internet, tidak menutup kemungkinan banyak potensi dan sumber daya yang bisa dimanfaatkan. Sekarang ini, pemanfaatan teknologi informasi tidak sekedar sebagai fasilitas bagi dunia usaha untuk memperoleh informasi-informasi terbaru mengenai dunia usaha dan bisnis di Indonesia. Tetapi juga dapat memberikan kesan baik dan profesionalisme bagi pelaku usaha tersebut termasuk koperasi simpan pinjam.

Perkembangan teknologi dan sumber informasi dari seluruh media, ternyata media internet untuk saat ini sangat digemari oleh masyarakat bahkan pelaku bisnis. Informasi yang didapat selain cepat, akurat juga dapat digunakan dan diperoleh dimana saja. Pengguna internet saat ini selalu melakukan pencarian informasi atau ilmu pengetahuan bahkan untuk belanja kebutuhan sekalipun dilakukan melalui internetFasilitas provider untuk mengakses internet juga semakin banyak, selain dengan telepon rumah, handphone, juga melalui jaringan server/warnet. Ini membuktikan bahwa masyarakat semakin tidak mau disibukkan dengan keterbatasan waktu dan kesempatan untuk melihat informasi.

II. Tujuan
Adapun tujuan dari proyek Sistem Informasi Pengelolaan Kegiatan Koperasi Simpan Pinjam Pegawai BMKG adalah :
  1. Publikasi keberadaan koperasi ke seluruh dunia
  2. Menginformasikan profil seluruh potensi koperasi
  3. Mempermudah masyarakat dan anggota koperasi untuk memperoleh informasi koperasi.

III. Manfaat
Manfaat yang dapat diperoleh dari proyek Sistem Informasi Pengelolaan Kegiatan Koperasi Simpan Pinjam Pegawai BMKG adalah :
  1. Meningkatkan citra koperasi
  2. Meningkatkan keunggulan kompetitif koperasi
  3. Meningkatkan informasi tentang keberadaan koperasi

IV. Susunan Team Proyek
Berikut susunan team yang terlibat dalam proyek Sistem Informasi Pengelolaan Kegiatan Koperasi Simpan Pinjam Pegawai BMKG :

·         Project Manager : Sambobi Putra
·         Sistem Analis : Nova Andriani
·         Layout Designer : Taufik Salendra
·         Programmer : Rendra Saputra
·         Teknisi : Bachtiar Syah Ginting
·         Vendor : Toshiba

V. Jadwal Kegiatan
Pengerjaan proyek diselesaikan dalam waktu maksimal 30 hari kalender setelah kontrak ditandatangani, dengan asumsi tak ada keterlambatan maupun keadaan-keadaan tak terelakkan (force majeure) dan tidak termasuk lama proses pendaftaran register domain.

a. Persiapan
  • Klien berdiskusi dengan Developer tentang cakupan website yang diinginkan dan paket desain web yang disetujui.
  • Klien mengumpulkan semua data (gambar, dokumen, dan content, brosur, dll.) untuk diserahkan kepada Developer.
  • Klien dan Developer menanda-tangani kontrak, Klien menyetor uang muka sebesar 70% dari nilai kontrak yang disepakati kepada Developer sebagai uang muka.
 b. Desain
  • Developer menyerahkan desain website kepada Klien.
  • Klien mengevaluasi dan mencatat semua perbaikan yang diinginkan untuk kemudian diserahkan kepada developer.
  • Bila desain final sudah disetujui, Developer akan menjadikannya template.
 c. Content
  • Developer mulai memilah dan mengedit content agar sesuai untuk media web dan mudah ditemukan.
 d. Integrasi
  • Developer akan menggabungkan content dengan template yang telah siap.
 e. Review
  • Klien diminta untuk mencoba situs yang dibuat oleh Developer.
  • Developer akan memperbaiki bug yang ditemukan oleh Klien.
  • Developer juga akan menyiapkan surat serah terima situs.
 f. Live
  • Klien menyetor 30% sisa nilai kontrak.
  • Developer menyerahkan dokumen tutorial dan data-data teknis seputar web.

g. Hosting &Domain
  • Hosting yang dipakai Hosting dalam Negeri
  • Domain di .SCH.ID (Pendaftaran diserahkan sepenuhnya kepada PANDI – Pengelola Nama Domain Indonesia)
  • Paket Hosting dan Domain ditentukan oleh Developer dan disetujui oleh Pihak Koperasi.
  
VIAnggaran Biaya Proyek

1. Biaya Tenaga Kerja

Tenaga Kerja
Durasi (hari)
Gaji/Hari
Jumlah Biaya
Project Manager
54
230.000
12.420.000
System Analis
37
200.000
7.400.000
Programmer
67
100.000
6.700.000
Layout Designer
60
100.000
6.000.000
Teknisi
37
75.000
2.775.000
Total
35.295.000

2. Biaya Beli Alat

Komponen/Alat
Jumlah
Harga
Jumlah Biaya
PC Komputer Server
1
21.000.000
21.000.000
Printer Canon Pixma iP7270
1
3.000.000
3.000.000
8-Port  Switch Hub D-Link DES-1016A
3
500.000
1.500.000
Biaya Hosting and Domain 1 tahun
1
1.000.000
1.000.000
KABEL LAN Cat 6 patch cord300 meter
1
1.750.000
1.750.000
Total
28.250.000

Total Biaya Rp. 35.295.000 + Rp 28.250.000 = Rp. 63.545.000 ( Enam Puluh Tiga Juta Lima Ratus Empat Puluh Lima Ribu Rupiah )

  
VII. Rancangan Kegiatan

1. Halaman Log In
2. Halaman Beranda

3. Halaman Input Data dan Laporan

VIII. Penutup

Demikian proposal ini kami ajukan. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih. Semoga kita dapat menjalin hubungan kerjasama yang lebih baik disaat ini dan dimasa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar