Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat lingkaran menggunakan bahasa C++ pada aplikasi turbo C++.
Turbo C++ memiliki 2 fungsi grafik untuk menampilkan suatu objek, yaitu mode teks dan mode grafik. Untuk dapat menampilkan lingkaran pada command prompt, kita harus menggunakan grafik mode.
Untuk itu, sebelum memulai menulis script pastikan terlebih dahulu graphic library- nya telah linked. Jika belum, hal ini dapat dilakukan dengan cara :
- klik options -> linker -> libraries
- Kemudian akan muncul kotak dialog, pilih "graphic library" dan tekan spasi untuk mengoneksikan library. Kemudian tekan OK
Setelah itu, barulah mulai untuk menulis script algoritma dan pemrograman C++. Lingkaran yang akan dibuat memiliki beberapa aturan, yaitu :
- radius lingkaran = 140 cm
- titik pusat lingkaran terletak pada koordinat (320,240)
- bagian dalam lingkaran berwarna merah.
Berikut ini script untuk membuat lingkaran tersebut:
#include<graphics.h>
#include<conio.h>
void main()
{
int gd=DETECT,gm;
int x= 320, y= 240, radius=140;
initgraph(&gd, &gm, "c:\\tc\\bgi");
setcolor(RED);
setfillstyle(SOLID_FILL, RED);
circle(x,y,radius);
floodfill(x,y,RED);
getch();
closegraph();
}
Keterangan :
- graphics.h : library yang berisi tentang semua definisi dan penjelasan fungsi grafik. Dengan adanya ini, kita dapat menampilkan objek dalam mode grafik
- initgraph : untuk menginisialisasi mode grafik. Fungsi "gd=Detect" digunakan untuk mendeteksi graphic drive yang ada pada path, sedangkan "gm (graphic mode)" untuk menentukan resolusi yg akan digunakan pada graphic mode. Jika kita tidak memasukkan spesifikasi nilai pada gd dan gm. simbol "&" dapat digunakan agar initgraph menyesuaikan dengan default.
- "c:\\tc\bgi" : directory path untuk graphic driver, agar initgraph dapat berfungsi.
- circle : fungsi untuk membuat linkaran dengan titik kordinat (x,y) dan radius tertentu (dalam satuan pixel).
- setcolor : merubah warna gambar saat ini. setcolor dapat pula diisi menggunakan index warna dan untuk index warna merah adalah 4.
- setfillstyle : mengatur warna isi dan modelnya pewarnaannya
- floodfill : digunakan untuk mengatur pewarnaan pada suatu daerah tertentu dengan memberi batas bagi area diluar yang diinginkan.
- getch : untuk menjeda screen sementara ketika program dijalankan. Screen akan keluar jika kita menekan / mengetik suatu karakter.
- closegraph : untuk menutup mode grafik dan mengembalikan screen pada mode sebelum memulain initgraph.
Setelah script selesai, simpan dan compile script. Jalankan file "*.exe" nya, maka tampilan akan program akan tampak seperti berikut :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar